misterqye. Powered by Blogger.
RSS

Yuk...ber-Positif Thinking

jafis.net
Hidup itu susah bagi orang yang selalu berpikiran / menjalani hidup dengan susah. Hidup itu senang bagi orang yang selalu menghadapi hidup dengan senyuman. Hidup itu berat bagi orang yang tidak percaya diri dengan apa yang sedang mereka jalani di kehidupannya.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang terlantar di dalam kehidupannya. Padahal sebuah pepatah "Life is struggle" hidup itu untuk berjuang. Tapi banyak orang berjuang hanya untuk kepentingan dirinya sendiri saja di zaman sekarang. Banyak orang yang berjuang mengelabui dan merugikan banyak orang. 

Tentunya dari sebuah kehidupan, kita membutuhkan adanya suatu perubahan diri dalam hidup kita. Tanpa ada perubahan diri lebih baik orang tersebut mati.

Menurut psikolog sekaligus penulis buku psiklogi komunikasi Prof. Dr. Jalaludin Rahmat, pikiran seseorang itu ajaib karena karena dapat mengubah kehidupan. Ia dapat mengubah kebahagiaan menjadi kesedihan, begitu juga sebaliknya, kesedihan dapat diubah menjadi kebahagaiaan, semua bergantung pada apa yang seseorang pikirkan. 

Hidup ini dikendalikan oleh pikiran. Senang atau sedih itu sudah menjadi sebuah pilihan. Kita bisa memilih bahagia kalau kita berpikir positif, sebaliknya kalau kita sedih, itu karena diri kita sendiri memilih untuk sedih. Dengan berpikir positif, setiap orang bisa melahirkan sikap optimis. Sikap inilah yang dibutuhkan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. Bahkan stres sekalipun bisa berakibat baik jika kita mampu mengelolanya dengan cara positif. 

Banyak orang beranggapan bahwa berpikir positif itu sulit, terlebih ditengah himpitan beban hidup yang semakin meningkat. Padahal, berpikir positif itu bisa dilatih. Bagaimana cara melatihnya?

Pertama, mulailah dari hal kecil setiap pagi hari, seperti tersenyum saat melihat matahari terbit dan berkata, "Terima kasih Tuhan atas hidup yang masih Kau beri". Konon, cara simpel ini memiliki pengaruh besar dalam menimbulkan sikap positif seseorang pada hari itu.     

Kedua, dengan meningkatkan selera humor. Bisa dengan menonton film komedi atau bergaul dengan orang yang humoris. Menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki selera humor yang tinggi jauh lebih bahagia.

Sebuah kehidupan akan berguna jika kita melakukan sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Hidup butuh proses, dan hasil dari proses tersebut adalah sebuah kebahagiaan. Alangkah indahnya jika sebuah kehidupan selalu dibumbui dengan suatu kebahagiaan tidak hanya di dunia akan tetapi di akhirat kelak. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment